Sosialisasi & Workshop Administrasi Pajak dan Keuangan

Meneliti dan Mengabdi

Sosialisasi & Workshop Administrasi Pajak dan Keuangan

Desember 12, 2015 Artikel 0

LATAR BELAKANG KEGIATAN

Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat yang dikelola oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Institut Teknologi Medan (LPPM-ITM) selama ini telah berjalan dengan baik namun belum memiliki standar pelaporan keuangan atau adminsitrasi pajak kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang memadai. Dosen-dosen yang melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan sumber dana dari Kementrian Riset dan Teknologi Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) sebagian besar sudah melaporkan secara tertib semua kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat tetapi belum tertib dalam membuat laporan keuangan interim terutama administrasi pajak kegiatan. Hal ini penting untuk ditindaklanjuti mengingat semakin ketatnya peraturan tentang pajak kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Ketatnya peraturan tentang pelaporan pajak yang harus taat azas telah mulai disosialisasikan oleh Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) melalui surat tugas Nomor 133/ST/V/11/2015 tanggal 02 November 2015 yang menugaskan BPK RI untuk melaksanakan pemeriksaan interim atas Laporan Keuangan TA 2015 pada Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi serta instansi terkait lainnya, yang salah satunya adalah Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Menyikapi fakta tersebut di atas, maka LPPM-ITM memasukkan agenda workshop administrasi pajak terkait kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat sebagai salah program kerja yang harus segera direalisasikan agar setiap dosen yang melakukan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat dengan sumber dana apapun dapat secara tertib, teratur dan taat azas melakukan kewajiban pajak dan pelaporan keuangan interim.

 

URGENITAS

Pemeriksaan interim atas laporan keuangan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat oleh BPK RI merupakan dasar dilakukannya workshop administrasi perpajakan. Adapun keutamaan pentingnya workshop :

(1)  Berakhirnya tahun Pembinaan bagi Wajib Pajak

Tahun 2015 adalah tahun terahir pembinaan wajib pajak artinya tahun-tahun berikutnya tidak boleh lagi ada wajib pajak yang tidak melaporkan pajak dari setiap kegiatan yang dilakukannya. Jika masih ada pelanggaran atas kewajiban pembayaran pajak, maka setiap individu dan lembaga akan mempertang- gungjawabkan akibat yang ditimbulkan dari pelanggaran yang dilakukan. Setelah tahun pembinaan di tahun 2015, mulai tahun 2016 akan dilakukan program penegakkan hukum yang lebih keras.

(2)  Berakhirnya penghapusan sanksi pajak 

Program Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi (disingkat PPSA) diadakan pada tahun 2015, oleh karena itu tahun 2015 disebut sebagai Tahun Pembinaan Wajib Pajak. Menurut Peraturan Menteri Keuangan Nomor 91/PMK.03/2015 tentang Pengurangan atau Penghapusan Sanksi Administrasi, Tahun 2015 adalah tahun berakhirnya penghapusan sanksi pajak, artinya di tahun-tahun akan datang tidak akan ada lagi penghapusan sanksi pajak. Setiap tunggakan akibat adanya kelalaian dari wajib pajak (baik individu maupun lembaga) maka diharuskan membayar denda.

 

TUJUAN KHUSUS

Workshop pajak kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini dimaksudkan sebagai bahan masukan dan evaluasi diri bagi dosen-dosen di lingkungan Institut Teknologi Medan terutama dalam hal administrasi perpajakan terkait kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tujuannya adalah untuk menertibkan administrasi perpajakan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan oleh dosen-dosen di lingkungan Institut Teknologi Medan.

 

AGENDA SOSIALISASI DAN WORKSHOP

Kegiatan workshop administrasi pajak kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini membutuhkan dua orang pakar atau narasumber yang memiliki informasi detail terkait administrasi pajak dan satu orang dosen taat azas yang secara tertib melaporkan setiap detail kegiatan dan keuangan yang dikelola. Adapun kegiatan direncanakan pada hari Sabtu tanggal 12 Desember 2015 pukul 08.30 wib s/d 14.00 wib.

 

TEMPAT KEGIATAN

Kegiatan Sosialisasi dan Workshop Administrasi Keuangan dan Pajak Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dilakukan di Ruang Rapat ITM, bertempat di jalan Gedung Arca No. 52 Medan.

 

PESERTA SOSIALISASI DAN WORKSHOP

Workshop administrasi pajak kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini terutama ditujukan bagi dosen-dosen yang pernah mengajukan Hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat dan dalam tahun berjalan sedang melakukan penelitian lanjutan (ongoing) dengan pendanaan dari Ristekdikti. Hal ini penting untuk disegerakan, mengingat surat edaran BPK yang diteruskan ke LPPM-ITM ditujukan bagi dosen-dosen pemenang hibah Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat untuk tahun anggaran 2015.

 

Pemateri

Pemateri pada kegiatan Sosialisasi dan Workshop Administrasi Keuangan dan Pajak Kegiatan Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat ini terdiri atas tiga narasumber yang mewakili tiap materi, yaitu (a) narasumber dari Kantor DJP Sumut I tentang Aspek Pajak bagi Lembaga/ Yayasan, dibawakan oleh Bapak Edi Sihar Tambunan, SE., SST., Ak., MA., CA; (b) narasumber tentang pajak honorarium kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat dibawakan oleh Konsultan Pajak, yaitu Bapak Yarman, SE, MM; dan (c) narasumber dari salah satu dosen ITM yang taat azas diwakilkan oleh Bapak Kuswandi, ST, MT.

DOKUMENTASI KEGIATAN